Modifikasi Jupiter MX Sepanjang Tahun 2012

Modifikasi Jupiter MX Sepanjang Tahun 2012 Ini merupakan lanjutan dari modifikasi Jupiter MX sepanjang tahun 2011. Untuk tahun 2012 hanya ada empat motor bebek sport MX yang dimuat. tiga dengan modifikasi tanpa menghilangkan ciri khas motor bebek dan satu motor yang telah berubah menjadi motor sport. Nampaknya kuantitas modifikasi tahun ini berkurang, tapi mudah-mudahan tahun 2013 nanti modifikasi MX masi tetap ada dan lebih kreatif lagi. (brave-bikes.blog)
  
Berikut ke-empat MX hasil modifikasi era 2012:

1. Yamaha Jupiter MX135, Enggak Iri Lagi Deh

Modif Yamaha Jupiter MX135, 2005 (Probolinggo-Jawa Timur)

Iri ala biker atau penggila modifikasi harusnya positif. Jika modifikasi motor belum mantap, harus cepat berpikir agar motor andalan bisa dilirik teman-teman satu tongkrongan. Pastinya berpikirnya wajib kreatif. Jangan cuma mengandalkan dana besar dari orang tua. Itu sih anak mama. He..he..he..!

Begitulah yang dialami Billy Sanata, warga Probolinggo, Jawa Timur. Pelajar kelas 3 SMK Mater Dei Probolinggi iri melihat Yamaha Jupiter MX 135LC milik Jason, teman gaul Dimas. Wah, seandainya melihat motor yang setipe milik orang lain pastilah iri. Kalau enggak iri, itu sih bukan kategori biker.

Bagi Billy, MX135 milik Jason terbilang ubahannya sip punya. Siapakah Jason? Sabar, lanjutkan membaca nih tulisan. Sampeyan mesti tahu dulu sedikit asal-usul Jason. Dia putera dari Adhi Wicaksono. Adhi, kan yang tak lain bos dari rumah modifikasi Lent Automodified (LA), Probolinggo.

“Untuk ubahan motor hanya memakai bodi kit yang sudah ada di LA. Bagian fairing, sepatbor, bodi belakang dan jok double seater yang dirombak ulang. Hitungannya sih enggak banyak rombakan. Namanya juga masih SMU, kepingin tetap bisa dipakai boncengan,” tutur Billy sambil cengar-cengir kesenangan melihat hasil akhir garapan sang modifikator.

Benar juga pikiran Billy. Tampilan motor kesayangan berubah jadi lebih sip, tapi enggak lupa masih tetap bisa punya tandem. Apalagi, tandemnya cewek. Waduuuuh.

Bodi yang dipasang pada Jupiter MX 135 milik Billy masuk kategori plug n play alias bolt on. Bongkar-pasangnya enggak perlu ubah bagian motor yang standar.

“Bisa jadi saya nanti akan ganti teman modif. Kalau modifikasi plug n play tinggal bongkar kalau sudah bosan,” bilang Billy yang berumur 16 tahun.

Beralih ke bagian kaki-kaki yang juga mengalami rombakan untuk mengimbangi bagian bodi. “Kaki-kakinya masih mengandalkan pelek bawaan pabrik. Hanya saja ukuran ban sedikit diperbesar supaya tidak cungkring. Swing armnya comot variasi milik TDR yang sudah ada stabilisernya,” imbuh Billy yang doyan dengan bebek sport.

Supaya tampilan racing semakin kental, Billy sengaja menanggalkan setang originalnya untuk diganti dengan setang jepit. “Setangnya pakai milik Yamaha X1. Satu set dengan batok bagian depan,” terangnya.

Hasilnya memang mengarah ke Yamaha X1. Artinya, konsep Billy untuk Jupiter MX 135LC miliknya bebek futuristik yang sudah lama trend di Thailand.

Kalau sudah begini tidak ada lagi ceritanya iri dengan anak modifikator.

He..he..he..  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan  : FDR 90/80-17
Ban belakang : FDR 100/80-17
Pelek depan : Yamaha 2,25 x 17
Pelek belakang : Yamaha 2,75×17
Footstep  : Yoshimura
Cakram depan  : PSM

2. Yamaha Jupiter MX 135LC, Ramuan Madura

Posted on July 30, 2012
Modif Yamaha Jupiter MX 135LC, 2007 (Madura)

Modifikasi street fighter dari motor sport sih wajar. Tapi, kalau dasarnya dari motor bebek yang rangkanya jenis underbone terhitung jarang. Begitulah yang dilakukan Ahmad Muhaimin, modifikator Sinjay Modified dari Bangkalan, Madura. Amin merombak Yamaha Jupiter MX 135LC milik Ainul Faqih.

Tapi, MX yang diubah jadi sport ada keuntungannya. Mesin Jupiter MX sudah tegak lurus, bukan mesin bebek yang umumnya horisontal. Kalau pun Jupiter MX diubah jadi sport, pastinya sepintas memang asli motor laki. Kan, mesin MX dan V-ixion punya basic yang sama.

Langkah pertama yang dijadikan sebagai posisi penentu bentuk motor sport adalah di rangka belakang atau sub frame. Rangka bebek yang memang untuk Jupiter MX dianggap kelewat pendek seandainya dibikin street fighter.

“Bagian belakang ditambah sekitar 50 cm dari rangka di bawah jok. Pipanya saya pakai yang ukurannya sama dengan rangka aslinya,” bilang Amin, sapaan akrab Muhaimin.

Tidak hanya menambah rangka untuk bagian belakang. Karena tipikal street fighter yang sedikit nungging, Amin mesti bikin penyesuaian lagi. “Untuk rangkanya dipanasi dengan dilas di bagian tengah. Terus dinaikkan menyesuaikan bodi street fighter,” tambah bapak 2 anak ini.

Karakternya sudah mulai kelihatan setelah Amin bikin ubahan di bagian rangka. Sayangnya, ada dasar yang harus disesuaikan lagi. Karena sudah jadi motor sport, Muhaimin sengaja menambahkan tangki. Tangki tambahan ada di bagian tengah.

“Saya sengaja memakai tangki milik Yamaha V-ixion. Kemudian diberi kondom dari fiber. Untuk model kondom saya sesuaikan dengan contoh Yamaha FZ1,” bilang modifikator murah senyum ini.

Eit masih ada kelanjutannya nih. Modifikasi yang tadi masih belum sempurna. Lantaran di bagian tengah masih ada rongga kosong di antara tangki dan mesin.

Ruang kosong pastinya bikin motor jadi enggak kelihatan padat. Desain street fighter sejati yang padat jadi hilang. Enggak boleh ada ruang kosong kalau dilihat secara kasat mata.

“Untuk mengisi ruang kosong di bagian tengah, saya buatkan deltabox gadungan dari fiber. Dengan begitu, ruang kosong pun jadi terisi,” bangga Amin. Mantap!

Swing Arm Jadi Gagah

Swing arm kurang gagah jika masih mengandalkan dimensi lengan ayun asli bawaan Jupiter MX 135LC. Muhaimin sengaja memodifikasi swing arm bawaan pabrik supaya lebih gagah. Amin sengaja melebarkan dan memanjangkan lengan ayun aslinya.

Cara yang dilakukan untuk menyesuaikan karakter street fighter yang menggunakan roda tapak lebar. Seandainya pakai lengan ayun standar modifikasi street fighter kurang lengkap.

“Saya tambah 3 cm di bagian tengah dan 3 cm lagi untuk memanjangkan swing arm. Tujuannya ban yang dipakai ukuran besar jadi mau tidak mau musti merombak swing arm,” beber Amin yang juga membuka warung bebek Sinjay di Madura ini.  (motorplus-online.com)

3. Yamaha Jupiter MX 135LC, Paduan Pelat Dan Fiberglass

Posted on April 25, 2012
Modif Yamaha Jupiter MX 135LC, 2008 (Jakarta)


Sejatinya Irwan Saputra ingin ubahan di Yamaha Jupiter MX 135LC miliknya. Pria yang tinggal di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat ini mulai bosan dengan tampilan standar bebek sport yang dimilikinya sejak 2008 silam. “Melihat Yamaha X1-R, jadi kepingin MX dibuat seperti itu. Desainnya lebih sporty,” bilangnya.

Konsep sporty yang dimiliki bebek super asal Thailand itu diterima sempurna oleh Dimas Erlangga. Doi, modifikator Diemaz Motor. Langsung aja, MX milik Irwan diubah jadi X1-R.

“Model X1-R memang sudah bagus untuk konsep besutan bebek. Jadi, enggak terlalu banyak ubahan didesain cover depan,” jelas Dimas yang workshop-nya terletak di Perumnas 2 Karawaci, Jl. Baja Raya, No. 83, Karawaci, Tangerang.

Begitunya buat mewujudkan konsep X1-R, modifikator yang banyak hasilkan desain nasional ini aplikasi dua macam bahan. Yaitu, pelat besi dan fiberglass. Dua bahan ini dipakai sesuai kebutuhan.

Misalnya buat cover bodi depan. Pakai fiber, tujuannya juga agar bobot kendaraan tidak terlalu berat daripada pakai pelat. Menariknya, lewat bahan serat kaca ini pun bisa lebih berkreasi.

Aslinya Yamaha X1-R, cover tengah tak menutup hingga ke sisi bak kopling. Tapi, oleh modifikator 29 tahun ini, cover di MX Irwan dibuat lebih panjang. So, lebih tampil beda! Hal yang sama berlaku buat sepatbor depan. Agar desain makin eye catching, pelindung cipratan air dan kotoran dari roda itu dibuat punya lubang angin.

Kini, giliran pelat besi yang bicara. Pemakaian part ini, cenderung hanya untuk part-part yang punya dimensi kecil. Misalnya, sepatbor belakang dan undertail. “Pakai pelat galvanis tebal 2 mm. Sebenarnya hingga lengan ayun juga. Tapi, hanya melapisi saja,” sebut modifikator 2 anak itu.

Dibilang melapisi, karena swing arm didesain ulang. Arm model moge ini dibuat dari pipa holow diameter 2 inci. Nah, lapisan pelat bersifat sebagai pemanis juga penguat kontruksi.

Akibat pemakaian arm buatan, peredam kejut juga menyesuaikan. Dimas aplikasi sok milik Yamaha Scorpio. “Biar rebound-nya lebih dapat. Dudukan sok atas tetap pakai braket bawaan MX. Sedang bagian bawah langsung ke arm. Braket dibuat dari pelat baja 8 mm,” tutup pria ramah ini. (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Corsa 100/70-17
Ban belakang : Swallow 130/70-17
Pelek depan : Variasi 2,5×17
Pelek belakang : Variasi Scorpio 4×17
Diemaz Motor : (021) 950-05024

4. Yamaha Jupiter MX Umbar Virus 2012!

Posted on March 5, 2012
Warna-warna cerah di besutan, sepertinya bakal mendominasi di 2012 ini. Kelir ini seakan menjadi pemikat orang untuk terus memandangnya. Maka itu, Em-Plus coba hadirkan varian yang usung kelir terang di tahun Naga Air ini. Tapi, selain tampilkan warna terang, tentunya besutan juga didukung modifikasi yang ciamik. Sehingga, keseluruhan konsep modifikasi menjadikan tunggangan sebagai pacuan sempurna.
Misalnya di Yamaha Jupiter MX 135LC kreasi Agung Ismanto. Aplikasi pro arm, buat dukung konsep moge.

MOTOGP STYLE FROM MUNTILAN


 Ikuti virus warna terang di 2012

Pilihan tepat didapat Purnomo Wibowo dari Yamaha Jupiter MX 135LC miliknya. Sebab keinginannya punya besutan bergaya semplakan MotoGP terkabul sudah. Meski, basis asli pacuan ini mengusung genre Bebek Super.


Pro arm tambah kesan sporty besutan (kiri) – Setang Yamaha X1-R diaplikasi! (kanan)

“Basis mesin tegak layaknya pacuan sport sudah tepat. Tinggal mengubah tampilan bodi dan kaki-kaki. Soal warna, ikuti tren terkini biar update terus,” sebut Agung Ismanto, modifikator Endoek Ceploek dari Desa Ngadiretno, Taman Agung, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. (motorplus-online.com)

About these ads

2 thoughts on “Modifikasi Jupiter MX Sepanjang Tahun 2012

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s