7 MOTOR TERIRIT VERSI MOTORPLUS AWARD 2012

Dalam ajang MotorPlus Award 2012 ada 7 kategori yang diusung. Salah satunya adalah Best Fuel Consumption. Dalam pengujian konsumsi bahan bakar semua motor menggunakan Pertamax dan dilakukan selama sehari penuh dengan memperhitungkan kondisi lingkungan dan cuaca yang sama. Pengujian ini dilaksanakan di sirkuit gokart Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pengujian untuk semua motor dilakukan oleh satu rider pada setiap kategori kelas. Setiap motor juga mendapatkan perlakuan yang sama dengan kecepatan rata-rata 55 km/jam. Karena sistem bahan bakar motor-motor yang akan diuji ada yang sudah menggunakan sistem injeksi dan ada yang belum, maka pihak MotorPlus membagi pungujian kedalam dua metode. Untuk yang injeksi menggunakan metode full to full, sedangkan untuk yang masih karburator diuji dengan metode menggunakan tabung cairan sebagai pengganti tangki bahan bakar.

Dan hasil test akhir menyimpulkan motor-motor diberikut ini sebagai jawara Motor Teririt  tahun 2012 menurut kelas-kelasnya:

1. Yamaha All New Jupiter Z1

Jupiter Z1 Dengan menggunakan sistem bahan bakar yang sudah injeksi, berkapasitas mesin 113.7 cc dengan perpaduan bore 50 mm x stroke 57.9 mm, Bebek injeksi ini bisa menempuh jarak 83.12 km/liter. Dan Jupiter Z1 berhasil manjadi yang teririt diantara pesaing-pesaingnya seperti Blade, Revo Series, Vega ZR, Titan dan semua yang ada di kelas bebek 100-115 cc.

2. Honda Supra X125 Helm In PGM-FI

Supra X FIBebek yang mengandalkan sistem bahan bakar injeksi dengan kapasitas mesin 124.8 cc dengan kombinasi bore 52.4 mm x stroke 57.9 mm ini menjadi bebek teririt mengalahkan Suzuki Shogun dan semua motor di kelas bebek 120-130 cc. Supra X ini mampu menempuh jarak hingga 72.2 km/liter-nya.

3. Yamaha New Jupiter MX  

New MXBebek Sport bermesin tegak dan berkapasitas 134,4 cc dengan kombinasi bore 54.0 mm x stroke 58.7 mm ini mampu berlari sampai 72.9 km/liter. (Wow lebih irit dari Supra 125X PGM-FI) Dengan jarak tersebut menjadikan bebek pada kasta tertinggi di Yamaha ini meraih Best Fuel Consumption menysihkan Satria F-150 dan CS-1 di kelas Bebek Sport 125 – 150 cc.

4. Yamaha Mio J

Mio J hijauMio Sporty versi baru dengan sistem bahan bakar injeksi ini berhasil meraih penghargaan sebagai Best Fuel Consumption, mengungguli Honda Vario, Honda Beat, Suzuki Nex pada kelas Skubek 110 cc. Dengan mesin berkapasitas 113.7 cc dengan kombinasi bore 50 mm x stroke 57.9, Mio J mampu menempuh jarak 68.5 km/liter-nya.

5. Honda Vario Techno 125 PGM-FI

Vario 125Generasi baru dari Honda Vario ini telah mengandalkan sistem bahan bakar injeksi dan mengusung bore 52.4 x stroke 57.9. Kakak Vario 110 ini mampu berlari sampai 56.5 km/liter. Jarak tersebut menjadikannya sebagai Skubek teririt pada kelas Skuber 125 mengalahkan Yamaha Xeon, Suzuki Skydrive dan semua motor di kelasnya.

6. Kawasaki D-Tracker 150  

d tracker

Dengan masih mengandalkan sistem bahan bakar karburator dan dengan mesin berkapasitas 143.2 cc, D-Tracker mampu menjadi Motor Sport Teririt di kelas Sport 125 -160 cc, mengalahkan Suzuki Thunder, Yamaha Vixion, Honda CBR 150R. Bravo!!! Motor ini bisa menempuh jarak hingga 56 km/liter-nya.

7. Yamaha New Scorpio Z

New Scorpio Z

Motor Sport berkapasitas mesin 223 cc dengan kombinasi bore 70 mm x stroke 58 mm ini, mampu menempuh jarak hingga 44 km/liter. Jarak ini menghantarkan New Scorpio Z sebagai the Best Fuel Consumption menyisihkan kompetitor-kompetitornya seperti Honda Tiger dan Honda CBR 250 di kelas Motor Sport 200-250 cc.

Mengingat faktor konsumsi BBM sangat penting dalam memilih kendaraan, terutama untuk tunggangan sehari-hari, maka data-data hasil test diatas bisa menjadi bahan pertimbangan yang bermanfaat dalam menentukan motor yang akan menemani keseharian kita. (brave-bikes.blog)

Source: MotorPlus

About these ads

39 thoughts on “7 MOTOR TERIRIT VERSI MOTORPLUS AWARD 2012

    • memang di atas kertas seharusnya supra lebih hemat.. mesin hanya 125 dan sudah mengusung injeksi… tapi semua tergantung dari pengendara dan pada RPM dan kecepatan berapa.. mungkin pada kecepatan rata2 55 kpj MX memang lebih hemat.. itu sudah dibuktikan dengan tes yang di lakukan oleh motor plus pada trek, rider dan kecepatan dan perlakuan sama untuk setiap motor… so datanya bisa akurat.. lagian kalo data tidak akurat tentunya pihak Honda tdk bakalan trima.. tapi kenyataannya Honda tidak komplain…

      • sep bro ane setuju jupi mx irit..
        tahun lalu ane punya thn 2006 malah bisa lebih dari itu, asal bawanya dibwah 40kmj dan di tensioner karbu ga ketarik betotannya

        jd cc bukan jaminan, malah yg di jagoin ala eropa CS1 ga masuk nominasi

  1. datanya ngawur…scorpio dgn pulsar 220, lebih irit pulsar 220..keliatan kalo motorplus survey datanya bukan test keiritan bahan bakarnya, tapi pemakai kendaraan yang paling banyak di jalan…ckckck…gak akurat bro…

      • Harusnya judul diatas ditambah kata “Asosiasi nya (AISI)” klo pake judul diatas kan gak ada AISI nya..coba deh Motor Plus jgn asal buat judul..terus artikel-artikelnya semua tidak mendukung program pemerintah (safety riding)..artikel Motor Plus banyaknya modifikasi warna motor yg berubah tdk sesuai STNK, modifikasi ban motor yang cungkring, dll..tolong dibenahi lagi..”JANGAN NGOMONG TENTANG SAFETY RIDING KALO GA TAU ATURAN BERLALU LINTAS”

  2. Jupiter MX New irit bro. isi bensin shell super full tank 32rb. perjalanan jelambar – sudirman – slipi – jelambar. sehari kira2 jalan 40-60km. 4 hari bensin baru abis. tarikan mantap… ga nyesel deh beli Jupiter MX New.

    • vixion ga masuk bro
      karena udah ketauan iritnya..hampir semua blog otomotif bahas vixion
      ga ada rival yg ngalahin iritnya vixion :D

  3. MX gw sangt irit brooo… Depok- X DERES 38 km, PP 76 KM Isi bensin 5 rb perak nyampe rmh masih ada. Kalo jarum petunjuk BBM pas nunjuk warna merah, itu masi bisa jln 25 km broo. Buktiin aja

  4. sulit di percaya memang kalau jupi mx lebih irit ketimbang hsx 125 helm in pgmfi… :(
    tapi kalau memang benar, tes dilakukan di trek yg datar dan mungkin si rider sering menekan kopling ketika kecepatan mencapai 60 kpj, kemudian membiarkan si jupi mx menggelontor sampai kecepatan 40-45 kpj terus lepas kopling lagi dan akselerasi perlahan sampai 60 kpj lagi begitu seterusnya..
    so.. karena si jupi mx punya cc besar walhasil torsinyapun besar dan untuk mencapai speed 60 kpj sangatlah mudah dengan rpm mesin yg kecil pada posisi gigi tertinggi

  5. hadooh kasihan yang jadi korban katanya…..bukti bicara bung kalo MX lah yang ter irit ane sudah membuktikan…..masalahna ane punya tu motor Supra x taon 2010 ma MX 2011….mengharukan…

  6. JUpiter MX memang Irit, Tangguh Mesin Mumpuni dan teknologi paling canggih…. kau juga punya supra 125, dah tak buktikan memang lebih irit jupiter MX dengan jarak yang sama lha wong pergi ke kantor dan hasilnya si jupiter mx lebih irit dari pada supra 125. klo bilang si honda lebih irit tu karna fanatismme berlebihan…. unggul tlak semua lah dari aspek yang ada q dah buktikan kok

  7. gimana dengan V-IXION ya gan? kadang memang gak selamanya sistem pgm fi itu bisa menjadikan motor lebih irit, iya kalau dengan cc sama dan spec sama mungkin sistem fi bisa dipastikan lebih irit, tapi kalu dengan spec beda gak bisa, sekalipun dibandingkan dengan mtor ber cc lebih besar dan sistem karbu, belom koling manual. yaa percaya aja dah, beda pun juga paling beda tipis :D

  8. menurut aku, motor hampir sama semuanya .
    mau irit, top speed atau tarikannya
    toh , kalo udah ngebut ujung2nya juga nge-rem . ( tergantung yg bawanya jg sih … )

    saran : kalo mau irit , pake bensin campur mas brow . ( campur dorong maksudnya )
    hehheee …
    dan tetap hati2 bila berkendara .

    thanks

  9. sedikit menjatuhkan brand lain secara halus.coba liat lagi ulasan nya dari awal..
    yang paling irit pasti yamaho terus…
    justru yang ane tau,yamaho terkenal borosnya dibandingkan honpret dengan cc dan spek yang hampir sama.
    ulasannya seperti uang yang bertindak,bukan fakta yang asli…

    • Ni kan hasil tes dari tabloid motorplus, dan tabloid tersebut bukan milik atau memihak brand tertentu. Dan juga waktu tes dan komparasi semua motor dilaksanakan secara terbuka dan disaksikan dari berbagai kalangan. baik masyarakat umum, bloger2, dan dari pihak2 pabrikan seperti honda kawasaki yamaha tvs dan lain2nya. dan pihak pabrikan tersebut tidak membantah karena tes dilakukan secara objektif. tapi supaya agan dapat data yang menurut agan akurat, lebih baik dites sendiri secara langsung :) hanya mau pesan “percayalah sumber yang terpercaya dan sumber yang jelas” bukang cerita orang, apalagi kabar burung atau bahkan “kata orang2 jaman dulu” :D . dan ingat semua bisa berubah setiap tahun bahkan setiap bulan bisa berubah seiring dengan perkembangan teknologi.. BUKTIKAN SENDIRI :)

  10. # keep safety riding masbro #
    apapun motornya, seberapapun konsumsi bbm nya, yg paling penting kita nyaman dengan tunggangan kita,,
    salam jalan akur.

  11. lucu ya bro,gue pnya mx motogp edition 2013 tpi kayaknya ga terlalu irit.. paling sekitar 43km/liter
    itupun tergantung pemakaian. ga msuk akal yg diatas itu,bro.. masak nyampe 72km/liter? ah yg bener aja.

    • buseh.. 43km/l itu dah irit bro
      ane sekarang pake supri karbu 2008 cm tembus di 38-40 km/l
      single seat

      trus 43km/l lari berapa bro.. kalo diatas 60-70 km/j itu dah termasuk irit
      yg dites dikisaran 40km/j

  12. Dulu punya juga mx 2006, cuman ga sampai 72 km… memang ada selisih jika pakai premium ma pertamax. lo pertamax bisa 50km/ liter sedang klo premium hanya 45 km/ liter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s