All about New Jupiter MX

SPESIFIKASI

MACHINE

Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 134,4 cc
Diameter x Langkah : 54,0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi : 10,9 : 1
Daya Maksimum : 9.21 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum : 12.14 Nm / 6000 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,94 Liter
Sistim Bahan Bakar : Karburator BS25-58 x 1
Tipe Kopling : Basah, Kopling manual, Multiplat
Tipe Transmisi : (Spoke : Rotary, CW : Seesaw), 4 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi : 1-N-2-3-4-5

CHASIS

Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Ban Depan : 70/90-17M/C 33P
Ban Belakang : 100/70-17M/C 49P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Cakram

ELECTRICITY

Sistem Pengapian : DC-CDI
Battery : YB5L-B (12V 5Ah) / GM5Z-3B
Busi : CPR8EA-9 (NGK) / U24EPR-9 (DENSO)

DIMENSION

P x L x T : 1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.245 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 140 mm
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Berat Isi : 109 Kg
Kapasitas Tangki Bensin : 4 Liter

Style dan Desain

Dari segi Desain, New Jupiter MX berpenampilan lebih lebih futuristik. Sekilas nuansanya masih seperti MX yang lama, tapi sebenarnya hampir semua bagian telah mendapat perubahan.

Lampu sein, cover body depan, spatbor hingga sayap semuanya mendapat perubahan. Dari tampilan depan, lampu senja dan sein kelihatan lebih menyipit separti mata elang. Lampu belakang juga meruncing dan ada smokenya.

Secara keseluruhan tampilan New MX sangat keren dan unik. Wajar saja jika mendapatkan penghargaan Best Design 2011, mangalahkan rival-nya FU dan CS1.

Fitur dan Teknologi

Perubahan paling mencolok ada pada versi Manual Clutch yang sudah menggunakan transmisi 5 speed. Perpindahan giginya sama seperti motor sport satu ke bawah, dua seterusnya ke atas 1-N-2-3-4-5. Lebih Sporty.

Perubahan juga ada pada crank case yang di ganti dan dibarengi dengan aplikasi kruk as yang baru. Tentunya secara hitung-hitungan teknis ini berpengaruh pada karakter mesin dan performa motor.

Karburator New MX memakai tipe vakum Mikuni BS25 dan tetap dilengkapi TPS       (throttle position sensor). TPS berfungsi memberikan perintah ke sistem pengapian sesuai dengan bukaat throttle atau selongsong gas, akhirnya pembakaran makin sempurna.
Karburator ini juga sudah dilengkapi dengan dua kabel penarik. Kabel ini menjaga agar skep karburator telat membuka atau menutup sekaligus agar tidak mudah macet.

Tapi akomodasi motor ini sangat minim. Boks bagasinya masih sangat sempit dan tidak ada gantungan untuk barang bawaaan. Tapi itu dikarenakan konsep Bebek Super alias bebek dengan nuansa sporty!

Performa

Dengan pola transmisi 5 speed yang berkarakter “pendek-pendek” membuat New MX lebih agresif dan tenaga tetap terasa setiap perpindahan gear.

Gigi satu mencapai 40 km/jam, 2 sampai 60 km/jam, 3 bisa 80 km/jam, 4 mampu 100 km/jam, dan 5 tembus 120 km/jam. Tapi gigi 5-nya terlalu panjang. Untuk mencapai top speed 120 km/jam butuh trek lurus yang sangat panjang. Kesannya gigi 5 MX hanya dipakai untuk menghemat bahan bakar di putaran atas, lebih asik pakai gigi 4.

Perpindahan kopling manualnya terasa enteng. Lebih lembut dari sepeda motor sport lainnya.

Tapi sayangnya New Jupiter MX belum dilengkapi dengan takometer. Jadi untuk pindah gear kita harus pake feeling.

Handling

Handlingnya masih sama dengan Jupiter MX yang lama. Asik untuk menikung dan meliuk. Suspensi monoshock-nya terasa mantap menjaga roda belakang tetap tenang saat menikung dan lembut kala melintasi jalan bergelombang.

Tapi pada saat terlalu merebah di tikungan, ban belakang terasa bergeser. Mungkin dikarenakan oleh pelek belakang yang 2,5 inci dan ban berprofil tipis 100/70-17. Ban yang terlalu tipis ini membuat grip ban saat merebah jadi berkurang. Jadi lebih asik jika ban belakangnya diganti dengan ukuran yang lebih besar dan profil lebih tipis. Direkomendasikan untuk menggunakan ukuran 110/80-17 atau 110/90-17.

Yamaha New Jupiter MX telah diperlengkapi dengan disk brake di roda muka dan belakang. Konon ini motor Yamah yang pertama kali pake Cakram belakang.

Bahan Bakar

Dengan Perbandingan Kompresi 10,9 : 1 New MX idealnya mengkonsumsi Pertamax. Konsumsi bahan bakar MX ini mampu menempuh jarak 45,9 kilometer per liter Pertamax.

Sources: Otomotifnet, Yamaha Indonesia.

9 thoughts on “All about New Jupiter MX

  1. FU bentukk’y kayya cencorang g kayya MX bentuk eleggan dan mewahh bukkan CC yg di lihat tappi benttuk dan irit’y tappi new MX 2011 berani di aduin ma FU g kallah tangguh ma FU aku udah cobba MX baru namun terlallu Liar saat lepas kopling langsung gass..

    • kelihatan banget MX ngikutin banget fu. nih baru pola opor giginya yg sama ntar ampe modelnya dijadiin model amaym jago kayak fu 😀 udah deh. bebek tetap bebek, tdk ada elegannya dibanding fu. tapi salut mx udah lebih baguslah

Tinggalkan Balasan ke banditz150 Batalkan balasan