Motor-Motor Bebek Dengan Kopling Manual di Indonesia

Jalanan Indonesia sekarang dikuasi oleh motor bebek. Sejauh mata memandang pasti dipenuhi dengan bermacam-macam  motor bebek, baik itu dengan kopling manual, semi-otomatis dan motor-matic. Sebagian besar produksi dari perusahaan motor adalah semi-otomatis dan motor-matic. Dan untuk motor bebek dengan kopling manual (Bekopman) hanya ada beberapa saja. Berikut ada delapan Bekopman dengan spesifikasinya masing-masing.

1. Honda City Sport One ( CS1 )

2. Yamaha T-135 – Jupiter series ( MX )

3. Suzuki Satria 120 R

4. Suzuki Satria F150 ( FU )

5. Suzuki Shogun Sport Production ( SP )

6. Suzuki Shogun Axelo R (Versi baru Shogun SP)

7. TVS Tormax

8. TVS Rockz

HONDA  CITY  SPORT  ONE

SPESIFIKASI CS1:

  • MESIN
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, liquid cooled
Sistem pendinginan : Radiator dengan kipas elektrik
Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
Volume langkah : 124,7 cc
Perbandingan kompresi : 10,7 : 1
Daya maksimum : 12,8 PS / 10.000 rpm
Torsi maksimum : 1.04 kgf.m / 7.500 rpm
Kopling : Manual, multiplate wet clutch
Starter : Electric starter & kick starter
Busi : ND U24ESR-N / NGK CR8E
  •  KAPASITAS
Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
Gigi transmsi : 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
  •  KELISTRIKAN
Aki : MF, 12V – 3,5 A.h
Sistem pengapian : DC – CDI
  •  DIMENSI
Panjang x lebar x tinggi : 1.932 x 682 x 1.042 mm
Jarak sumbu roda : 1.251 mm
Jarak terendah ke tanah : 130 mm
Berat kosong : 114 kg
  •  RANGKA
Tipe rangka : Twin tube frame
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Tunggal (Monoshock)
Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal

YAMAHA  JUPITER  MX

SPESIFIKASI JUPITER MX:

  • MACHINE
Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 134,4 cc
Diameter x Langkah : 54,0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi : 10,9 : 1
Daya Maksimum : 9.21 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum : 12.14 Nm / 6000 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,94 Liter
Sistim Bahan Bakar : Karburator BS25-58 x 1
Tipe Kopling : Basah, Kopling manual, Multiplat
Tipe Transmisi : (Spoke : Rotary, CW : Seesaw), 4 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi : 1-N-2-3-4-5
  • CHASIS
Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Ban Depan : 70/90-17M/C 33P
Ban Belakang : 100/70-17M/C 49P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Cakram
  • ELECTRICITY
Sistem Pengapian : DC-CDI
Battery : YB5L-B (12V 5Ah) / GM5Z-3B
Busi : CPR8EA-9 (NGK) / U24EPR-9 (DENSO)
  • DIMENSION
P x L x T : 1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.245 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 140 mm
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Berat Isi : 109 Kg
Kapasitas Tangki Bensin : 4 Liter

SUZUKI  SATRIA  120 R

SPESIFIKASI SATRIA 120 RU:

ENGINE : 2 stroke, single cylinder, air cooled
BORE X STROKE : 56 x 49 mm
COMPRESION RATIO : 7.0 : 1
CARBURETOR : mikuni VM 20 ss
IGNITION : dc. cdi
NET WEIGHT : 101 kg
MAX POWER : 13,5 ps @ 8000 rpm (RU120)
: 15,5 ps @ 8000 rpm (RGV120)
MAX TORQUE : 1,50 kgmf @ 7000 rpm
INTAKE SYSTEM : reed valve
TRANSMISION : 5 speed (satria 120 s)
: 6 speed (satria 120 R dan 120 R LSCM )

RIWAYAT HIDUP : – RU 120 LD (satria 120 s) 1997 – 2002
: – RU 120 LU (satria 120 R) 1998 – 2005
: – RU 120 LSCM (new satria 120 R) 2003 – 2005
NAMA LAIN : – Satria lumba-lumba (satria 120 S, satria 120 R sebelum  LSCM)
: – satria hiu (satria new 120 RU LSCM)

SUZUKI  SATRIA  F150

SPESIFIKASI SATRIA FU:

DIMENSI

Panjang Keseluruhan

mm

1.945

Lebar Keseluruhan

mm

652

Tinggi Keseluruhan

mm

941

Jarak Antara As Roda

mm

1.280

Jarak Mesin ke Tanah

mm

95

Berat Kendaraan

kg

95

Tinggi Tempat Duduk

mm

764

             

MESIN

Jenis

4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara, SACS, 4-Katup

Jumlah Silinder

1 (satu)

Diameter Silinder

62 mm

Langkah Piston

48.8 mm

Kapasitas Silinder

147.3 cc

Perbandingan Kompresi

10.2 : 1

Daya Maksimum

16 Ps/9.500 rpm

Torsi Maksimum

1.27 Kg.m . 8.500 rpm

Karburator

MIKUNI BS 26 – 187

Saringan Udara

Jenis   Kertas

Sistem Starter

Elektrik dan Kaki

Sistem Pelumasan

Perendaman Oli

                 

TRANSMISI

Kopling

Manual plat majemuk tipe basah

Transmisi

6 Percepatan

Arah Perpindahan Gigi

1 Ke bawah, 5 Ke atas

Rantai Penggerak

DID 428 DS, 122 mata

RANGKA

Suspensi Depan

Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli

Suspensi Belakang

Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli

Sudut Kemudi

45° (Kanan dan Kiri)

Radius Putar

m

2

Rem DepanRem Belakang

Cakram/Cakram

Ukuran Ban Depan

70/90-17   38S

Ukuran Ban Belakang

80/90-17   44S

            

SISTEM LISTRIK

Sistem Pengapian

CDI

Busi

NGK CR8E/ DENSO U24ESR-N

Accu

12 V (2,5 Ah)/10 HR

Kapasitas :

Tangki Bahan Bakar

4,9 L

Dengan penggantian saringan oli

1.100 ml

Tangki Oli Mesin

1000 ml

SUZUKI  SHOGUN  SP

SPESIFIKASI SHOGUN SP:

DIMENSI

Panjang Keseluruhan

mm

1.905

Lebar Keseluruhan

mm

715

Tinggi Keseluruhan

mm

1.075

Jarak Antara As Roda

mm

1.220

Jarak Mesin ke Tanah

mm

135

Berat Kendaraan

kg

108

Tinggi Tempat Duduk

mm

770

MESIN

Jenis

4 langkah, SOHC

Sistem Pendingin

Pendingin Udara

Jumlah Silinder

1 (satu)

Diameter Silinder

53,5 mm

Langkah Piston

55,2 mm

Kapasitas Silinder

124 cc

Nilai Kompresi

11 – 12 Kg/cm2

Daya Maksimum

10,0 Ps/8.000 rpm

Torsi Maksimum

0,98 Kg.m . 6.000 rpm

Karburator

MIKUNI VM 18 – 264

Saringan Udara

Elemen Kertas

Sistem Starter

Listrik dan engkol

TRANSMISI

Kopling

Transmisi

4 Percepatan, rotari

Arah Perpindahan Gigi

Ke bawah

Rantai Penggerak

Depan NT 14, Belakang NT 35

RANGKA

Rangka

Under bone

Suspensi Depan

Teleskopik, per spiral, peredam oli

Suspensi Belakang

Lengan ayun, per spiral, peredam oli1,9 m

Sudut Putar

Cakram, hidrolis N290

Rem DepanRem Belakang

Cakram, hidrolis N220

Ukuran Ban Depan

70/90-17 M/C 38P

Ukuran Ban Belakang

80/90-17 M/C 44P

SISTEM LISTRIK

Sistem Pengapian

Suzuki DC-CDI (DIGITAL)

Busi

NGK C6HSA/ ND U20FS-U

Accu

12 V (3,5 Ah)/10 HR7,0 L

Kapasitas :

Utility Box

7,0 L

Tangki Bahan Bakar

4,3 L

Tangki Oli Mesin

1000 m


SUZUKI  SHOGUN  AXELO  R

SPESIFIKASI SHOGUN AXELO R:

DIMENSI

Panjang Keseluruhan

mm

1.895

Lebar Keseluruhan

mm

715

Tinggi Keseluruhan

mm

1.075

Jarak Antara As Roda

mm

1.220

Jarak Mesin ke Tanah

mm

135

Berat Kendaraan

kg

108

             

MESIN

Jenis

4 langkah, SOHC

Jumlah Silinder

1 (satu)

Diameter Silinder

53,5 mm

Langkah Piston

55,2 mm

Kapasitas Silinder

124 cc

Daya Maksimum

ps/rpm

10/8.500

Torsi Maksimum

Nm/rpm

9.9/6.000

                 

TRANSMISI

Tipe Transmisi

Manual

Arah Perpindahan Gigi

1-N-2-3-4

Jumlah Percepatan

4 Percepatan

              

RANGKA

Rangka

Under bone

Suspensi Depan

Teleskopik, per spiral, peredam oli

Suspensi Belakang

Lengan ayun, per spiral, peredam oli

Rem Depan

Cakram Hidrolik

Rem Depan/Rem Belakang

Cakram Hidrolik

Ukuran Ban Depan

70/90-17 M/C 38P

Ukuran Ban Belakang

80/90-17 M/C 44P

            

KAPASITAS

Utility Box

7,0 L

Tangki Bahan Bakar

4,1 L

Tangki Oli Mesin

1000 m

     


TVS  TORMAX

SPESIFIKASI TORMAX:

MESIN

Jenis mesin

4 stroke, SOHC, liquid cooled Turbo Engine (dual inlet port 3 valve engine)

Jumlah silinder

single

Bore X Stroke

59.5 X 53.5 mm

Isi silinder

148.75 CC

Perbandingan kompresi

11.3:1

Power Maksimum

9.7 KW @8000 rpm (13.2 bhp/8000 rpm)

Torsi Maksimum

12.5 Nm/5500 rpm

Sistem starter

electric & kick starter

Karburator

UCAL-VM 22

Radiator Coolant

Total 920 cc, reservoir 250 cc

Kopling

manual, multiplate clutch

Transmisi

5 Speed. N-1-2-3-4-5

Kapasitas Oli Mesin

1000/800 ml

KELISTRIKAN

Jenis Pengapian

Digitally/DC TCI, single park

Sistem Kelistrikan

12V, AC, Magneto

Tipe Lampu Depan

halogen 30/30 W

Busi

BOSCH UR5DC

Tipe Aki

GM5Z GS battery 12V/5 Ah

DIMENSI DAN BERAT

Panjang keseluruhan

1955 mm

Lebar keseluruhan

730 mm

Tinggi keseluruhan

1070 mm

Jarak antara as roda

1250 mm

Jarak mesin ke tanah

150 mm

Berat Kosong

111.4 kg

Tinggi Jok

772 mm

CHASSIS

Rem Depan

disc 290 mm, hydraulic, double cylinder

Rem Belakang

disc 185 mm, hydraulic, single cylinder

Ukuran Ban Depan

70/90 – 17

Ukuran Ban Belakang

80/90 – 17

Suspensi Depan

Telescopic

Suspensi Belakang

Swing arm, Remote canister monoshock absorber

KAPASITAS

Kapasitas Tanki Bensin

4 Lt


TVS  ROCKZ

SPESIFIKASI ROCKZ:

MESIN

Jenis mesin

4 stroke, SOHC

Isi silinder

124,5 cc

Jumlah silinder

Tunggal

Diameter silinder

57 mm

Torsi maksimum

9,8 Nm/5.500 rpm

Daya maksimum

9,8 BHP/7.500 rpm

Langkah piston

48,8  mm

Perbandingan kompresi

9,3 : 1

Sistem starter

Electric & Kick Start

KELISTRIKAN

Jenis pengapian

Digital Ignition/CDI

Tipe lampu depan

Halogen, 30/30 watt

Accu

12V/4 Ah

RANGKA

Radius putar kemudi

1.840 mm

Ukuran Ban Depan

2.5 x 17

Ukuran Ban Belakang

2.75 x 17

TRANSMISI

Kopling

Sistem Kopling Ganda,(Manual dan Semi-Otomatis),Tipe Basah

Transmisi

4 Percepatan

Arah pergantian gigi

N-1-2-3-4-N, sistem rotari

SUSPENSI

Depan

Teleskopik

Belakang

Monotube Inverted Gas fulled (MIG)

REM

Rem depan

Cakram 220mm dengan piston ganda

Rem belakang

Tromol 130 mm

DIMENSI BERAT

Panjang keseluruhan

1.940 mm

Tinggi keseluruhan

1.078 mm

Lebar keseluruhan

665 mm

Jarak antara As roda

1.260 mm

Berat kendaraan

107 kg

Jarak mesin ke tanah

150 mm

KAPASITAS

Tangki Bahan Bakar + Cadangan

4 Lt

Sistem supply bahan bakar

Karburator

12 thoughts on “Motor-Motor Bebek Dengan Kopling Manual di Indonesia

  1. Kalo masih ada motor bebek dengan kopling manual yang bro2 dan sist2 tahu, kasi tahu yah.. biar di tamba referensinya..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s