All About Suzuki Shogun Axelo R

Suzuki Shogun Axelo R

 

Shogun Axelo 125 merupakan generasi terbaru dari Suzuki Shogun. Meskipun masih mengusung mesin seperti pendahulunya dengan kapasitas silinder 124cc, tapi beberapa bagian telah mendapatkan penyempurnaan untuk meningkatkan performanya. Shogun Axelo mempunyai 3 jenis, yaitu Axelo, Axelo S dan Axelo R. Saat ini akan lebih konsentrasi kepada Shogun Axelo R yang transmisinya, kopling manual.

Desain

Motor bebek dari Suzuki ini tampilannya terlihat jauh lebih sporty dibanding dengan Shogun terdahulu.

Head light tetap di batok setang, tapi seinnya sudah berada di bodi depan dan bentuknya pun seperti air scoop. Sayap samping dirancang untuk lebih memudahkan para mekanik untuk men-setting karburator-nya yang sekarang lebih mudah dijangkau.

Sebagian dari panel bodi dibuat dari desain plastik yang membuat penampilannya makin sporty. Tapi sayangnya panel speedometernya masih sangat sederhana tapi masih tetap mudah dibaca.

Fitur dan Teknologi

Shogun generasi baru ini sudah ada aplikasi Automatic Head Lamp On (AHO), yaitu lampu depan yang otomatis menyala saat mesin dihidupkan. Juga kunci kontak sekarang bisa digunakan sebagai pembuka jok.Sedangkan pada mesin throttle position switch di karbutor yang tergolong baru. Fungsinya untuk mendapatkan timing pengapian yang pas sesuai kondisi kerja mesin.

Performa

Posisi duduknya tak beda jauh dengan Shogun sebelumnya. Yang terasa beda hanya posisi stang yang lebih tinggi hingga posisi badan jadi lebih sigap saat mengendarai. Panel speedometer lebih simpel dan mudah dibaca.

Ditunggangi di tikungan Axelo tetap nyaman dikendarai dengan gigi 2 sampai gigi 3. Kesan lincah sangat terasa dan juga tetap stabil ketika diajak ngebut. 

Tarikannya di putaran bawah sangat teras. Sementara untuk Aselerasi, gigi 1-nya bisa sampai 60 km/h, gigi 2 bisa mencapai 80 km/h, gigi 3 bisa 100 km/h. Dan top speed pada gigi 4 sekitar 105 sampai 110 km/h. Top speednya Tergantung Rider.

Sistem transmisi terasa lebih halus.

Pada sistem pengapian, untuk CDI, PT SIS mengandalkan vendor Mitsubishi. Limiter Shogun terbaru dipatok pada putaran atas.

Yang menjadi nilai plus untuk Shogun generasi terbaru ini, dengan adanya anti­knocking pada putaran 9.800 rpm. Selain itu, ada pula throttle position switch di karbutor yang fungsinya untuk mendapatkan timing yang pas pada mesin sesuai kondisi kerjnya.

Handling

Suzuki Shogun Axelo semakin lincah dan stabil dan asik diajak untuk selap-selip di kemacetan. Kestabilan tetap terjaga saat menikung dengan kecepatan tinggi.

Bantingan suspensinya pun lembut, enggak bikin punggung pegal-pegal.
Seputar posisi duduk juga nyaman. Setang tak terlalu rendah dan jok tebal jaminan kenyamanan menempuh perjalanan jauh. Sayangnya cuma satu, karet di footstep terasa kendur dan kerap bergeser.

Konsumsi Bahan Bakar

Pabrikan Suzuki mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya mencapai 46 km/liter. Tapi hasil pengetesan redaksi dari otomotifnet setelah melintasi berbagai kondisi jalanan dari macet hingga ngebut dijalanan lengang sejauh 99,5 kilometer, mengatakan “Dibutuhkan 2,6 liter Pertamax.” Artinya tiap 1 liter mampu menempuh jarak 38,2 kilometer.

Kekurangan

Pada putaran tengah ke atas, performa Axelo terasa biasa saja. Rpm berputar semakin tinggi tapi kenaikannya cenderung halus. Kondisi langsam motor pun jadi tidak stabil pada saat kondisi mesin panas setelah perjalanan jauh, rpm suka naik-turun sendiri. Juga pada saat direm keras terdengar suara seperti di ketok-ketok dari sokbraker depannya yang mentok.

Spesifikasi Suzuki Shogun Axelo R:

DIMENSI
Panjang Keseluruhan

mm

1.895

Lebar Keseluruhan

mm

715

Tinggi Keseluruhan

mm

1.075

Jarak Antara As Roda

mm

1.220

Jarak Mesin ke Tanah

mm

135

Berat Kendaraan

kg

108

             
MESIN
Jenis

4 langkah, SOHC

Jumlah Silinder

1 (satu)

Diameter Silinder

53,5 mm

Langkah Piston

55,2 mm

Kapasitas Silinder

124 cc

Daya Maksimum

ps/rpm

10/8.500

Torsi Maksimum

Nm/rpm

9.9/6.000

TRANSMISI
Tipe Transmisi

Manual

Arah Perpindahan Gigi

1-N-2-3-4

Jumlah Percepatan

4 Percepatan

RANGKA
Rangka

Under bone

Suspensi Depan

Teleskopik, per spiral, peredam oli

Suspensi Belakang

Lengan ayun, per spiral, peredam oli

Rem Depan

Cakram Hidrolik

Rem Depan/Rem Belakang

Cakram Hidrolik

Ukuran Ban Depan

70/90-17 M/C 38P

Ukuran Ban Belakang

80/90-17 M/C 44P

KAPASITAS
Utility Box

7,0 L

Tangki Bahan Bakar

4,1 L

Tangki Oli Mesin

1000 m

 
 
 
Sources: Otomotifnet.com, Suzuki Indonesia.

 

4 thoughts on “All About Suzuki Shogun Axelo R

  1. sebenernya ni motor lumayan keren,
    cuma karna jarang yg beli aja jadi keliatan asing dimata

    sebagai pembanding ketika honda karisma diganti supra x125 rasanya aneh, & lebih keren body karisma.
    tapi seiring waktu dan promosi besar-besaran akhirnya supra x 125 model diterima dan lama-kelamaan terlihat keren.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s