All About Tormax

TVS TORMAX

Pada tanggal 15 Mei 2011 di Mercure Ancol perusahaan motor India TVS meluncurkan salah satu produknya di kelas Bebek Super, yaitu Tormax yang merupakan singkatan dari Torque Maximal.

Bebek super ini mengusung mesin bersilinder tunggal 148,75cc (bore x stroke = 59,5 mm x 53,5 mm), SOHC (Single Over Head Camshaft) dengan 3 klep (Dua klep inlet dan satu klep outlet) dan didukung teknologi Turbotune dan perbandingan kompresi yang tinggi, 11,3 : 1.

Tormax betaburan fitur dan inovasi berteknologi modern yang tidak ditemui pada motor-motor bebek pada umumnya. Fitur-fitur yang menjadikan Tormax spesial, antara lain: Panel indikator full digital yang bisa dibilang komplit. TVS menamainya dengan “Racing Digital Meter.” Panel ini dilengkapi dengan speedometer, tachometer dan odometer. Salah satu keunikan panel indikator ini adalah kita bisa mengetahui akselerasi dari 0 -60 km/jam dan topspeed yang ditempuh setiap kali motor dikendarai. Tidak hanya itu, panel ini juga mempunyai indikator yang berfungsi sebagai pengingat untuk memakai helm, indikator suhu mesin, masa servis dan aki.

Fitur lainnya adalah “Dual Tune Muffler” knalpot dengan dual tone, normal dan racing tune yang bisa di switch dengan mengkontrolnya dari tuas yang ditempatkan di panel setang di bawah tuas choke. Jadi kita bisa merubahnya sesuai dengan mood kita. Suara knalpotnya terdengar garing dan begitu tuasnya di-switch ke free flow mode, suara garing langsung berubah menjadi suara ngebas. Jadi jika ingin suara motor ala motor gede, tinggal menggeser tuasnya.

Selain itu lampu utama Tormax juga sudah mengaplikasi Automatic Headlight On, yang otomatis menyala saat mesin dihidupkan. Lampu sein depan dan belakang serta lampu rem juga sudah dilengkapi dengan lampu LED. Sistem pengereman bebek super ini telah menggunakan double disc, cakram depan berdiamater 290 mm dan cakram belakang berdiameter 185 mm. Untuk sistem pendinginan motor ini telah menggunakan Liquid Cool (radiator).

SPESIFIKASI TORMAX :

MESIN:

Jenis mesin

4 stroke, SOHC, liquid cooled Turbo Engine (dual inlet port 3 valve engine)

Jumlah silinder

single

Bore X Stroke

59.5 X 53.5 mm

Isi silinder

148.75 CC

Perbandingan kompresi

11.3:

Power Maksimum

9.7 KW @8000 rpm (13.2 bhp/8000 rpm)

Torsi Maksimum

12.5 Nm/5500 rpm

Sistem starter

electric & kick starter

Karburator

UCAL-VM 22

Radiator Coolant

Total 920 cc, reservoir 250 cc

Kopling

manual, multiplate clutch

Transmisi

5 Speed. N-1-2-3-4-5

Kapasitas Oli Mesin

1000/800 ml

KELISTRIKAN:

Jenis Pengapian

Digitally/DC TCI, single park

Sistem Kelistrikan

12V, AC, Magneto

Tipe Lampu Depan

halogen 30/30 W

Busi

BOSCH UR5DC

Tipe Aki

GM5Z GS battery 12V/5 Ah

DIMENSI BERAT:

Panjang keseluruhan

1955 mm

Lebar keseluruhan

730 mm

Tinggi keseluruhan

1070 mm

Jarak antara as roda

1250 mm

Jarak mesin ke tanah

150 mm

Berat Kosong

111.4 kg

Tinggi Jok

772 mm

CHASSIS:

Rem Depan

disc 290 mm, hydraulic, double cylinder

Rem Belakang

disc 185 mm, hydraulic, single cylinder

Ukuran Ban Depan

70/90 – 17

Ukuran Ban Belakang

80/90 – 17

Suspensi Depan

Telescopic

Suspensi Belakang

Swing arm, Remote canister monoshock absorber

KAPASITAS:

Kapasitas Tanki Bensin

4 Lt

Untuk membuktikan ketahanan mesin dan performa teknologi baru bebek super ini, PT TVS Motor Company Indonesia menggelar uji ketahanannya di Sirkuit International Sentul pada tanggal 4 sampai tanggal 7 Mei 2011. Bebek super ini digeber selama 70 jam nonstop dan berhasil menempuh jarak 5,800 km atau 1,463 laps. Ini membuktikan bahwa Tormax memang bisa diandalkan. Pembuktian ini malahan bisa membuat TVS meraih rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dalam kategori “Pemrakarsa dan Penyelenggara Ketahanan Mesin Motor Terlama”.

Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan bebek andalan TVS ini. Sungguh sangat disayangkan posisi mesinnya masih horisontal alias tidak tegak seperti mesin motor sport. Dan juga jaringan after salesnya masih minim. Semoga pihak TVS bisa lebih memperhatikan dan lebih memperluas jaringan after salesnya.

Dengan kelebihan teknologi yang patut diacungi jempol dan kualitas teruji yang dimiliki oleh motor bebek super ini, membuat Tormax bisa disejajarkan dengan pemain-pemain lama seperti FU, MX dan CS1 yang telah terlebih dahulu meramaikan kelas bebek super. (brave-bikes.blog)

 

Sources: TVS Motor, Otomotifnet.

3 thoughts on “All About Tormax

  1. di lihat dari spec diatas kertas. jelas sekali tormax diatas MX & CS1. kalo kekurangannya sebenarnya itu ada pd mereknya itu sendiri. coba kalo honda yamaha kawasaki suzuki keluarin motor dengan sepc seperti ini. pastinya harga motor ini tinggi dan dapat banyk peminat. salut sama tvs.

  2. seminggu yang lalu, sempat ketemu yang bawa tormax di parkiran. trus saya nanya bgma performa tormax sejauh ini. dengan semangat dia berbagi pengalaman, katanya sempat di tes waktu ketemu FUdi jalanan, karena penasaran ama performanya, waktu tu FU mo nyalip si bapak langsung tancep gas pol katanya, lalu waktu mode nya dipindah ke racing tu FU langsung ditinggal jauh. katanya tarikannya luar biasa. jadi dengan sesumbar dia menambahakan kalo motor2 bebek semua dibabat habis dah. saya lantas mikir, apa tu FU waktu itu ngeladenin ni orang ngak yah? tarikanmungkiniya, tapi masalah cepet? sayangnya tormax masi jarang di jalanan, ntar kalo udah lumayan bnyk pasti ketahuan deh performa sesungguhnya. siapa yang lebih ngacir…. tapi tetap saja imposibel for tormax mo lawan FU. kalo MX ama CS1 mungkin imbang. itupun mungkin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s