Suzuki Arashi 125

Arashi 125 adalah salah satu motor bebek dengan penampilan unik. Design body yang unik juga tampil dengan headlamp yang menyatu dengan body yang pada saat itu masih langkah.

Arashi dilunching di Jakarta pada akhir Maret 2006, acara lunching dilangsungkan di Plaza Barat, Gelora Bung Karno pada tanggal 25 Maret. Tapi sebenarnya setahun sebelumnya motor ini sudah diproduksi terlebih dahulu di Thailand dengan nama Suzuki Katana.

Sesuai dengan tagline “My Style” Arashi ditargetkan kepada anak-anak muda. Direktur dan Direktur Pemasaran Motor Suzuki, Darmadi Tjuatjam dan H. Yamaguchi menegaskan bahwa Arashi di-design dengan gaya sporty karena targetnya untuk pengendara umur 17-26 tahun.

Tampilan depan Arashi didesain seperti GSX-R. Itu bisa dilihat pada desain headlamp, front frame cover dan ornamen air duct atraktif.

Arashi diproduksi dalam dua versi. Yaitu Arashi 125 dan 125R. Arashi 125 standar dilengkapi dengan kick starter dan electric starter, dan menggunakan kopling otomatis (sentrifugal). Sedangkan Arashi 125R yang berkopling manual hanya menggunakan kick starter. Mesin keduanya juga berbeda. Arashi 125 bisa menghasilkan tenaga maximum 9,5 PS pada 7.500 rpm. Sedangkan 125R bisa mencapai 10.8 PS pada 8.000 rpm. Namun torsi keduanya sama-sama 1,1 kg-m pada 6.500 rpm.

Arashi menggunakan mesin yang sama dengan Shogun, tapi performa Arashi dianalisir lebih responsif dan lebih enak dikebut. Ini dikarenakan Diameter karburator Arashi lebih besar dibanding Shogun. Arashi menggunakan karburator berdiameter 19 mm sedangkan Shogun hanya 18 mm. Perbedaannya ada pada giginya juga. Perbadingan gigi akhir Arashi 2,642 (37/14), sedangkan Shogun hanya 2,500 (35/14).

Tapi walaupun dengan performa yang melebihi Shogun, tidak menjadikan Arashi serta-merta diterima dengan baik oleh produsen. Bebek sport ini gagal di pasaran Indonesia. Arashi pun tutup usia pada tahun 2009. Hasil akhir penjualan Arashi yang tidak baik ini seolah-olah menunjukan selera produsen Indonesia yang masih belum dengan mudah memilh motor dengan model baru. (brave-bikes.blog)

Spesifikasi Arashi 125:

ARASHI 125 MANUAL

ARASHI 125 AUTOMATIC

MESIN

Jenis

:

4 Langkah, SOHC

4 Langkah, SOHC

Sistem Pendingin

:

Pendingin Udara

Pendingin Udara

Jumlah Silinder

:

1 (satu)

1 (satu)

Diameter Silinder

:

53,5 mm

53,5 mm

Langkah Piston

:

55,2 mm

55,2 mm

Isi Silinder

:

124,1 cc

124,1 cc

Perbandingan Kompresi

:

9,5 : 1

9,5 : 1

Daya Maksimum

:

10,8 ps / 8000 rpm

9,5 ps / 7.500 rpm

Torsi Maksimum

:

1,1 Kg-m/6500 rpm

1,1 Kg-m/6500 rpm

Karburator

:

Mikuni VM 19

Mikuni VM 19

Saringan Udara

:

Elemen Kertas

Elemen Kertas

Sistem Starter

Kaki & Listrik

Kaki & Listrik

Sistem Pelumasan

SALCS (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System)

SALCS (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System)

 

 

 

 

 

DIMENSI & BERAT

 

 

 

Panjang Keseluruhan

:

1.915 mm

1.915 mm

Lebar Keseluruhan

:

715 mm

715 mm

Tinggi keseluruhan

:

1.055 mm

1.055 mm

Jarak Antara As Roda

:

1.245 mm

1.245 mm

Jarak Mesin Ke Tanah

:

146 mm

140 mm

Berat Kosong

:

100 kg

102 kg

 

 

 

 

 

RANGKA

 

 

Suspensi Depan

:

Teleskopik, Per Spiral, Peredam Oli

Teleskopik, Per Spiral, Peredam Oli

Suspensi Belakang

:

Lengan Ayun, Per Spiral, Peredam Oli

Lengan Ayun, Per Spiral, Peredam Oli

Sudut Kemudi

:

45° (kiri dan kanan)

45° (kiri dan kanan)

Radius Putar

:

2,0 m

2,0 m

Rem Depan

:

Cakram, Hidrolis

Cakram, Hidrolis

Rem Belakang

:

Tromol

Tromol

Ukuran Roda Depan

:

70/90 – 17 M/C 38S

70/90 – 17 M/C 38S

Ukuran Roda Belakang

:

80/90 – 17 M/C 44S

80/90 – 17 M/C 44S

 

 

 

 

 

KELISTRIKAN

 

 

 

Sistem Pengapian

:

Suzuki DC-CDI (DIGITAL)

Suzuki DC-CDI (DIGITAL)

Busi

:

NGK C6HS/ ND U20FS-U

NGK C6HS/ ND U20FS-U

Accu

:

12V (2,5 Ah)/ 10 HR

12V (3,5 Ah)/ 10 HR

 

 

 

 

 

KAPASITAS

 

 

 

Tangki Bahan Bakar

:

4,3 Liter

4,3 Liter

Oli Mesin Penggantian

:

800 ml

800 ml

Oli Mesin Pembongkaran

:

1.000 ml

1.000 ml

 

 

 

 

 

TRANSMISI

 

 

 

Kopling

:

Manual plat majemuk tipe basah

SAPECS (Suzuki Advanced Power Engagement Clutch System)

Transmisi

:

4 Percepatan, rotari

4 Percepatan, rotari

Arah Perpindahan Gigi

:

1 ke bawah, 3 ke atas

ke bawah,

Rantai Penggerak

:

100 mata

100 mata

 

 

3 thoughts on “Suzuki Arashi 125

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s