Modifikasi Jupiter MX Sepanjang Tahun 2011

Modifikasi motor merupakan hal yang sangat menarik bagi kalangan pencinta motor. Ada modifikasi minim yang tanpa harus merubah sasis motor, ada yang hanya bermain dengan airbrush, ada yang merubah secara body keseluruhan walaupun tidak menghilangkan karakter motor dan bahkan ada yang extreme sampai tampang motor berubah total.
Untuk kategori Bebek Sport yang paling sering dimodifikasi adalah Jupiter MX dan Satria FU. Untuk kali ini Rider_Man telah mengumpulkan beberapa motor Jupiter MX hasil modifikasi tahun 2011 yang dimuat di MotorPlus. (brave-bikes.blog)

1. Yamaha Jupiter MX135, Pas Bajunya?

Modif Yamaha Jupiter MX135 CW, 2008 (Palembang)

Beberapa waktu lalu pernah ditulis Yamaha Jupiter MX135 tahun 2010 pakai cover body burung hantu. Tapi, ketika dipasang tidak bisa langsung plek. Dan ternyata, cover bodi yang aslinya rancangan Lent Modified asal Jawa Timur ini memang salah peruntukan.

“Alasanya, cover bodi burung hantu Lent Modified lebih pas buat generasi MX135 sebelum 2010. Kalau dipaksain dipasang di generasi 2010 ke atas, banyak yang dikorbankan,” beber Candra Tanujaya dari WW Motor, Palembang.

Kata Candra, cover bodi burung hantu buatan Lent Modified, meliputi tutup sayap kanan-kiri dan termasuk cover rangka tengah. Untuk pemasangannya di MX135 2010 ke atas, mesti bikin pegangan baru di ragkanya.

“Malah, tulang di bawah jok kudu sedikit dipotong ujungnya supaya buntut cover bisa masuk. Berbeda kalau dipasang di MX135 yang lama. Tinggal pasang,” ulas Candra yang berumur 30 tahun itu.

Jadi, karena ini kali Candra pasang di MX135 2008, enggak ada kesulitan. Tidak ada penambahan atau pengurangan braket. Artinya, bodi burung hantu tinggal plek pasang ke MX135 versi 2008.

“Tapi, ada kekurangannya sih. Rangka di bawah jok enggak bisa tertutup semuanya. Masih ada yang bisa kelihatan langsung,” tutup Candra.

Dan memang benar, masih ada yang sedikit terbuka setelah pakai cover bodi burung hantu itu. Bandingkan sendiri jika masih pakai baju asli MX135. Rangka di bawah tertutup rapat. Berarti belum pas dong bajunya? (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban: FDR 90/80-17
Knalpot: R9
Handel kopling: KTC
WW Motor: (0711) 7062064

2. Yamaha Jupiter MX 135LC, Burung Hantu Kesempatan

Modif Yamaha Jupiter MX 135LC 2011 (Palembang)

Yamaha Jupiter MX 135LC punya Yakup Toni ini sukses sebagai runner up kelas Non Matic Fashion Advance di Yamaha Cuzztomatic 4, Region 2, Palembang. MX yang digarap Yakup dan bengkel variasi Ferio Motor, Palembang ini mengandalkan cover bodi seperti burung hantu.

Sayangnya, baju burung hantu kurang sreg masuk dengan MX yang dipakai Yakup. Pakai cover burung hantu untuk MX generasi sekarang, malah kesempitan.

“Iya. Generasi MX yang baru sedikit lebar rangka di bagian bawah jok. Bermasalah sedikit waktu pemasangan,” beber Yakup yang tinggal di Jl. Bambang Utoyo, Palembang.

Cover bodi yang dipakai Yakup sebenarnya pengembangan dari baju Yamaha X1 ala Thailand. Karena di bagian depannya yang sedikit dimodifikasi, nih baju X1 jadi dikenal cover burung hantu.

Lihat aja bagian depan, di lampu depan, yang memang dikasih celah seperti garis mata yang memandang tajam. “Bodi yang ditebus sudah jadi ini merupakan bikinan Lent Automodified. Awalnya disangka tinggal pasang. Enggak tahunya ada yang sedikit beda,” ulas Yakup yang berumur 29 tahun itu.

Kayaknya baju burung hantu yang dipakai untuk MX Yakup dibuat dari generasi MX lama. Bukan cuma jarak dua rangka di bawah jok sedikit melebar ke samping dibanding generasi MX sebelumnya. Tapi, ada bagian subframe agak turun dibanding generasi MX lama.

“Makanya, ada rangka di bawah jok yang enggak bisa tertutup cover samping kanan-kiri,” urai Yakup yang berprofesi sebagai wiraswastawan itu.

Tapi, Yakup tetap memanfaatkan baju burung hantu meski secara ukuran kekecilan untuk bisa diaplikasi pada MX miliknya. Begitunya, dia berusaha supaya sebisa mungkin rangka di bawah jok tetap tertutup rapi.

Dia juga tidak memaksakan supaya tulang di bawah jok tetap tertutup. Kalau dipaksakan, cover samping kanan-kiri malah bisa berisiko patah atau minimal retak. “Cukup memanfaatkan lubang baut bodi yang sudah ada. Enggak usah diubah lagi,” kata Yakup yang berkacamata itu. (motorplus-online.com)

 DATA MODIFIKASI
Ban depan: 100/70-17
Ban belakang: 130/70-17
Knalpot: R9
Sok belakang: YSS
Ferio Motor: (0711) 357719

3. Yamaha Jupiter MX 135LC, Gak Malu Lagi

Modif Yamaha Jupiter MX 135LC, 2008 (Cirebon)

Tampilan Yamaha Jupiter MX standar kurang pede dibawa kongkow bareng rekan seklub. Itu yang membuat Zambronk pengin ubah tampang MX. Conk Airbrush (CA) dari Jl. Pangeran Drajat No. 21, Cirebon, digandeng.

“Pilihan modif Zambronk transfer bodi dibalut unsur warna ngejreng,” jelas Threembil yang pemilik CA.

Head lamp dipasang milik Honda BeAT oleh Threembil, buider CA. Alasannya bentuk lampu BeAT kontras dengan bodi depan MX. Pemasangan pake solder.

Langkah serupa berlanjut pada sektor buritan. Lampu stop belakang berikut sepatbor diterapkan milik Honda Revo. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban : FDR 70/80-17
Pelek : Axio
Teromol depan : Ninja 150
Takometer : Moto-R
Zambronk : 0856-5977-1333

4. Yamaha Jupiter MX 135LC, Warna Sesuai Nama

Posted on October 4, 2011
Modif Yamaha Jupiter MX 135 LC 2005 (Bali)

Pemilik motor ini punya nama cukup unik dan kental bau roda duanya. Panggilannya Wayan, sedangkan nama lengkapnya I Wayan Harley. Tapi Harley satu ini bukan berasal dari Milwaukee, USA, tapi dari Badung, Bali.

Saat ingin ngemodif Jupiter MX miliknya ini, Wayan langsung kepikiran ciri-ciri Harley. “Warnanya harus oranye dan hitam,” itu katanya. Karena itulah sekarang bebek 135cc ini tampil dengan kelir yang identik dengan namanya itu.

Tapi, jika ingin mengubah tampilannya seperti H-D pastilah susah. “Proses itu akan membuat motor ini akan terlihat xtreme, sedangkan aku tidak ingin seperti itu,” lanjut Wayan.

Saat ini motor miliknya ini masih tergolong dalam ubahan fashion advance. Ciri-cirinya adalah adanya perubahan pada sebagian bodi tanpa melakukan pemotongan sasis. Selain itu bentuknya masih bisa dikenali sebagai Jupiter MX.

Secara konsep, motor Wayan ini tampilan bodinya meniru motor balap atau GP. “Khususnya untuk buritan, dibuat menjadi single sitter supaya tampilan balapnya tadi lebih kuat,” lanjut pelajar SMK Saraswati, Gianyar ini.

Pada bagian buntut juga dibuat tulisan H-27. Saat ditanya apa artinya Wayan hanya tertawa. “Itu maksudnya Harley 27, angka favorit saya,” ungkap nya malu-malu.

Seluruh bodi dicustom ulang dengan material fiberglass. Bentuk depan menjadi lebih manis setelah lampu menggunakan punya Nouvo Z. Penggantian bodi part memang sebaiknya tetap menggunakan produk Yamaha supaya tidak mengurangi nilai saat ikutan contezt. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Pelek: Power
Ban: FDR
Bodi: Custom
Setang: X-1
Knalpot: AHRS

5. Yamaha Jupiter MX 135LC, Ini New V-ixion 135?

Posted on May 14, 2011
Modif Yamaha Jupiter MX 135LC 2010 (Tangerang)

Maaf, bukan maksud hati berkelakar dengan judul di atas. Itu menyiratkan garis besar permintaan Otoy Supriyatna kepada Syawaluddin soal modifikasi motor kesayangannya. So, bisa dibilang, ini Yamaha V-ixion versi 135 cc. He..he..he…

Otoy yang tinggal di Meruya, Jakarta Barat ini, ingin tampilan Jupiter MX  miliknya menjadi motor tipe sport berfairing. Ini bukan perkara sulit buat Syawaluddin!

“Modifikasi hanya menyisakan mesin saja yang terpakai. Karena rangka dan bodi bikin semuanya,” buka Syawaluddin dari workshopnya yang bernama Sahabat Motor di Jl. Komplek Peruri No. 10, Ciledug, Tangerang.

Ide atau konsep motor yang diambil tidak jauh-jauh! Cukup berkaca pada tampilan sang kakak yaitu Yamaha V-ixion. Tentunya, ukuran disesuaikan lagi. Misal rangka dari bahan pelat yang mengusung deltabox, layaknya V-ixion. Bisa dibilang cukup teliti dalam konsep.

Rangka sport ini memiliki beragam kelebihan. Selain seirama konsep awal, “Juga cukup kuat dalam menopang beban bodi. Karena pakai bahan pelat besi tebal sekitar 4 mm. Cukup tebal memang,” lanjut Syawaluddin yang aslinya dari Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tapi buat arm, tidak mengusung desain V-ixion. Melainkan moge Suzuki GSX. “Bahan dari pelat holo lebar 4 cm dan tebal sekitar 2 mm,” tambah pria yang cukup disapa Syawal.

Customized rangka dan swing arm tak haruskan Syawal ganti monosok. Terlebih biar buritan nungging. “Cuma pakai sok standar. Karena rangka tengah ke belakang memang sudah didesain rada nungging,” beber modifikator yang juga gape bermain fiberglass.

Bodi ambil versi moge Yamaha R6. “Tapi, bodi belakang didesain sendiri,” bilang Syawal yang juga piawai main di balap garuk tanah alias grasstrack. (motorplus-online.com)

Mantap!

DATA MODIFIKASI
Ban depan : FDR 100/80-17
Ban belakang : Swallow 150/60-17
Knalpot : Nobi
Sok depan : Tiger
Sahabat Motor  : (021) 9938-7168

6. Yamaha Jupiter MX 135 LC, Pesona Lampu

Posted on April 17, 2011
Modifikasi Yamaha Jupiter MX 135 LC

Sejak kehadirannya 5 tahun yang lalu, sudah banyak sekali Yamaha Jupiter MX 135LC dimodifikasi seperti karya modifikator M1 dari Bali ini. Acuannya mengganti beberapa bagian bodi dengan tipe sama yang edar di Thailand. Misal setang dan lengan ayun.

“Memang pasaran sekali yang ganti setang pakai Yamaha X1 seperti ini,” buka Made Ambhara, sang modifikator. Begitu juga swing arm yang menggunakan punya Yamaha Spark, sudah sesuatu yang sangat lumrah.

“Tapi, saya enggak mau terjebak tampilan biasa seperti itu. Untuk itu, harus ada inovasi atau hal baru yang dilakukan,” kata pria bertubuh subur ini. Dengan spesialis bengkelnya yang menggunakan fiber glass, tentu saja gampang mewujudkan ide liar yang ada di benaknya.

Misalnya untuk lampu utama. Dengan cukup berani dia coba pasang lampu variasi trail ke bodi depan. Tentu ini hal bisa dibilang baru terjadi.

“Saya lihat lampu yang banyak dipakai pengguna Kawasaki KLX itu berkesan sangat modern dan juga futuristik, karena itu kepikiran untuk nempelin di MX,” cerita pemilik bengkel dari Jl. Gunung Muliawan Timur No. 15X, Denpasar.

Karena seluruh bodi merupakan buatannya sendiri, Made bisa langsung mengatur penempatannya. “Bentuk lampu yang serba runcing seperti itu cocok dengan konsep Jupiter MX yang sudah dandan racing style seperti ini,” tambahnya.

Tidak hanya untuk depan, bengkel yang rajin ikut contezt modifikasi ini juga menemukan desain stop lamp yang baru untuk detail modifikasi. Kali ini dia menggunakan lampu Honda Scoopy.

“Bentuk lampu Scoopy sudah menarik, tapi supaya orang tambah penasaran, posisi lampu sengaja dibalik. Dengan begitu tampilan belakang menjadi tidak biasa lagi,” bangga pria yang juga berbisnis di bidang ekspedisi ini.

Modifikasi seperti ini memang tergolong ringan. Karena enggak perlu rombak rangka segala macam. Dengan adanya inovasi di bagian detail, maka hal yang biasa tadi bisa menjadi luar biasa.

Mantap! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
 Ban depan : FDR 90/80-17
Ban belakang : FDR 100/90-17
Knalpot : CMS
Gas spontan : TDR
Jok : Custom
M1 : 0819-9927-1555

7. Modifikasi Yamaha Jupiter MX 135 LC

Sejak kelahirannya, Yamaha Jupiter MX 135LC termasuk jenis motor yang paling banyak dimodif. Memang bentuk aslinya sudah cakep, tapi dengan sedikit sentuhan saja sudah terlihat semakin bagus.

Apalagi kalau berani bergaya fashion advance, pasti lebih sip. Bingung dengan tampilan fashion advance? MX punya Jufri Ardi ini bisa dijadikan acuan.

Fashion advance itu adalah modifikasi yang boleh mengubah sebagian bodi tanpa harus memotong rangka. Selain itu identitas asli motor juga masih bisa dikenali dengan mudah. Nah apa yang dilakukan Jufri ini sudah sangat benar.

“Hanya memainkan bodi custom dan sedikit pergantiaan di kaki-kaki, tapi itu lebih hanya buat variasi,” kata Jufri. Konsep racing menjadi acuannya dalam membuat bodi baru dengan bahan fiber.

Karena akan ikut Cuzztomatic 3 kelas non automatic, dia sangat memperhatikan pemilihan komponen yang dipasang. “Harus menggunakan part atau komponen dari Yamaha juga, pantang rasanya menggunakan dari merek lain,” tukasnya.

Misalnya saja lampu depan yang sekarang dipasang pada cover bodi depan yang diambil dari Jupiter burung hantu.

Selain itu, untuk setang atau batang kemudi sekarang juga sudah pakai punya Yamaha X1R yang hanya beredar di Thailand. “Daripada bingung pilih setang variasi mendingan pakai yang pasti-pasti saja,” tegas pemilik yang juga anggota MX Riders Community ini. (motorplus-online.com) 

8. Modif Yamaha Jupiter MX 135LC, The Javanese Iron Horse

Modifikasi Robotic Yamaha Jupiter MX 135LC

Maksud judul di atas, simpel Siswo Winoto, sang modifikator adalah kuda lumping besi. “Hal itu menonjolkan kreativitas modifikator Purwokerto dalam berkreasi. Di mana konsep itu memadukan duck fighter, teknologi dan culture,” bukanya.

Modifikator beken disapa Wiwin ini bukan asal cuap atau ngecap. Nuansa budaya alias culture memang begitu kental secara bentuk. Desain bodi sangat mencirikan bentuk ebeg alias kuda lumping. Tengok aja congor depan macam ebeg yang doyan makan beling.

Padahal komponen lampu depan, Wiwin comot headlamp New Jupiter Z. Inilah racikan kombinasi antara teknologi dan culture yang dimaksud modifikator yang buka praktik di Jl. Sunan Ampel No. 5, Pabuaran, Purwokerto ini.

Bagian belakang dibuat panjang. Namun Wiwin justru suka desain motor milik Hansen Kurniawan, putra pengusaha super market RITA yang kondang di Jawa Tengah ini. “Saya malah suka desain kedodoran seperti ini. Seperti streetfighter Amerika yang memang suka swing arm panjang seperti modif blink-blink ala negro,” cuap Wiwin yang berkulit hitam.

Wiwin tak hanya mengumbar bentuk. Namun juga sudah aplikasi komponen masa kini. Contohnya switch kontak tombol seperti mobil Eropa yang cukup dipencet dengan tombol dan mesin akan otomatis menderu.

Modifikasi yang dilakukan juragan Win’s Paddock ini juga memakai high tech dalam soal sensor. Lampu motor bakal menyala sendiri dalam kondisi gelap. Gak perlu pencet atau geser tombol lampu. Namun lampu akan otomatis menyala jika sensor motor mengetahui lingkungan sekitar sudah kekurangan cahaya.

Juga ada sensor start engine. Selain bisa dipencet manual, start engine juga dapat dilakukan lewat sensor tepuk tangan. Sekali tepuk pada jarak 1 meter, mesin akan otomatis hidup.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Bridgestone 110/70-17
Ban belakang: Bridgestone 190/70-17
Swing arm: R1
Knalpot: WP Product
WP: 0815-4888-6755

5 thoughts on “Modifikasi Jupiter MX Sepanjang Tahun 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s