7 MOTOR STANDAR TERKENCANG VERSI MOTORPLUS AWARD 2012

Dalam ajang Motor Plus Award 2012 terpilih tujuh motor disetiap kategori kelas. Dan ada tujuh motor yang berhak menyandang predikat Best Performance alias motor terkencang. Untuk menentukan sang jawara, Motor Plus mengadakan dua rangkaian tes. Pertama, pengujian dilakuan dengan menggunakan dynotest untuk mencari tahu power dan torsi tertinggi dari setiap motor. Kedua, test untuk handling. Kemudian dari hasil uji dyno dan handling ini ditentukan motor yang mana yang menghasilkan power terbesar dan nyaman dikendalikan. Yang lumayan mengagetkan adalah fakta ternyata power yang dihasilkan setiap motor belum sesuai dengan data brosur dari motor-motor tersebut. Emmm..

Dan yang menjadi jawara Motor Standar Terkencang tahun 2012 menurut kelas-kelasnya adalah:

1. Yamaha All New Jupiter Z1

Image

Bebek berkapasitas mesin 113.7 cc dengan kombinasi bore 50 mm x stroke 57.9 mm dan dilengkapi sistem bahan bakar injeksi ini mampu mengeluarkan power 8.20 dk dan  torsi 6.24 ft.lbs. ini menjadikan Jupiter Z1 sebagai bebek yang mempunyai power tertinggi, mengalahkan Honda Blade, Suzuki Titan dan semua bebek di kelas 100-115 cc.

2. Honda Supra X125 Helm In

Image

Bebek yang masih mengandalkan sistem bahan bakar karburator dengan kapasitas mesin 124.8 cc dan memiliki kombinasi bore 52.4 mm x stroke 57.9 mm ini mempunyai power 8.37 dk dan torsi 7.24 ft.lbs. Ini menjadikan Supra X ini sebagai bebek terkencang, mengalahkan Suzuki Shogun dan semua motor di kelas bebek 120-130 cc.

3. New Satria F-150  

Image

Bebek sport yang mengusung mesin DOHC dengan kapasitas 147.3 cc berkombinasi bore 62mm dan stroke 48.8 ini adalah bebek terkencang di kelas Bebek Sport 125-150 cc. Satria FU ini power tertingginya mencapai 11.08 dk dan torsinya sampai 7.03 ft.lbs. Dengan power sebasar itu Satria FU mengalahkan saingannya Yamaha Jupiter MX, Honda CS1 dan malah menjadikan Satira FU sebagai bebek terkencang di semua kelas bebek yang ada.

4. Honda Vario Techno CBS  

Image

Skubek yang berbekal mesin 108 cc dengan paduan bore 50 mm x stroke 55 mm ini keluar sebagai jawara skubek kelas 110 cc, menaklukan Honda Beat, Yamaha Mio Series dan Suzuki Nex. Dari hasil test didapati bahwa skubek ini bisa menghasilkan power maksimal 6.83 dan torsi maksimal 5.61.


5. Honda Vario Techno 125 PGM-FI     Image

Dilengkapi dengan sistem bahan bakar injeksi PGM-FI Motor Matic ini keluar sebagai yang terkencang di kelas Skubek 125 cc. Mesin dengan paduan bore 52.4 x stroke 57.9 ini menghasilkan power 7.67 dk dan torsi 6.80 ft.lbs. Vario 125 sukses mengungguli pesaingnya: Xeon, Skydrive dan semua skubek di kelasnya.


 6. Honda CBR 150R

Image

Dengan power 14.59 dk serta torsi 7.90 ft.lbs. yang dihasilkah dari paduan bore 63.5 mm dan stroke 47.2 mm mesin CBR 150 berhasil mengungguli kompetitor-kompetitiornya di kelas Sport 125-160 cc.


7. New Ninja 250  

Image

Dengan mengusung sistem bahan bakar injeksi, New Ninja berhasil meraih penghargaan sebagai Best Performance alias yang terkencang di kelas motor Sport 200-250 cc. Mesin Ninja yang 249 cc sanggup menyemburkan power 23.71 dk dan torsi maksimal 12.03 ft.lbs. Denga top speed yang bisa lebih dari 160 km/jm, manjadikan Ninja unggul dari Honda CBR 250.

Data-data hasil test diatas yang cukup akurat itu, bisa kita, sebagai pencinta two-wheels, jadikan bahan acuan dan tentunya juga bisa  dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pacuan favorit kita. (brave-bikes.blog) 

Source: MotorPlus

18 thoughts on “7 MOTOR STANDAR TERKENCANG VERSI MOTORPLUS AWARD 2012

  1. di kelas 125cc harusnya cs1 yg terkencang..
    ko FU cmn dpt 11.08dk klaim pabrikan 16dk turun 4.92 dk, cbr 150r dapet 14.59dk power on crank 19.51dk dong..

    • CS1 dalam MPA tidak sekelas dengan bebek2 125 cc, tapi CS1 sekelas dengan Jupiter MX dan FU di kelas bebek super.. karena telah mengusung mesin tegak… Kalo besarnya power berdasarkan ulasan tabloid motor plus… yang di test menggunakan Dynotest… dan hasilnya demikian…

    • Itu another case bro.. Kalo sudah d sirkuit sudah banyak faktor yang menentukan. Bukan hanya powernya saja. Ridernya juga sangat berpengaruh. Contohnya utk kls 125cc d indoprix, Sang jawara tahun 2012 adalah Ahmad Yudhistira (33) dengan menunggangi Kawasaki Edge mengalahkan Supra X. Jadi kesimpulannya topik di atas jelas ukuran motor standar sesuai dengan judulnya bro..🙂

  2. basi ni,,,dyno test tu fiktif sekarang kenyatannya di lapangan,,,,pilih joki paling hebat di indonesia baru di test,,,

  3. kelas sport 150 cc keliru.. sy punya ninja 150RR original pernah adu drag sm cbr150 (knalpot udah R9) ketinggalan jauh kok.. ninja cma kalah di BBM.. akselerasi sm top speed tetap ninja raja balapnya..

  4. Aneh juga ya. FU powernya hanya segitu? Padahal FU ane pernah di tes sama cbr150 jarak hampir 1km tu cbr ketinggalan jauh. Pernah juga vixion, cb150r dan malah tiger d jarak begitu masih ketinggalan sama fu ane. Kecuali ninja baru de fu kalah. Menurut ane motor terkencang itu cuma ada ninja dan satria.

    • seharusnya kelas sport 150cc di isi kawak ninja sebagai motor standart terkencang,ini kok gak masuk ya ninja.aneh

      • Ninja 150RR tidak dimasukan lagi karena masi dengan mesin 2 tak. Tapi RR mendapatkan penghargaan “Respected Bike of the year”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s